All for Joomla All for Webmasters
info@egon.co.id
+62852 30300 222
  • Gunung Semeru

Puncak Mahameru merupakan puncak tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3676 mdpl. Termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pendakian menuju puncak Semeru dapat diakses melalui Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang dengan pintu masuk di Ranu Pani. Sebagai gunung berapi aktif tertinggi ketiga di Indonesia Semeru banyak dikelilingi Danau – danau cantik di sekitarnya diantaranya adalah Ranu Pani, Ranu Regulo serta Ranu Kumbolo yang cukup terkenal dengan keindahannya. Setiap pendakian Semeru para pendaki pasti tidak akan pernah melewatkan keindahan Ranu Kumbolo.

Untuk mendaki puncak Semeru dibutuhkan waktu 3-4 hari perjalaan pergi pulang dengan terlebih dahulu mendapatkan ijin dari Pos Ranu Pani. Saat ini mulai diberlakukan system booking guna membatasi jumlah pendaki yang menuju puncak semeru maupun Ranu Kumbolo guna menjaga ekosistem. Setiap minggunya Gunung Semeru bisa didatangi oleh ribuan pendaki terutama saat libur Panjang.

 

  • Gunung Arjuno dan Welirang

Puncak gunung arjuno Arjuno dan Welirang terletak pada satu punggungan yang sama sehingga kompleks ini sering disebut juga dengan arjuno welirang. Gunung arjuno merupakan salah satu tujuan pendakian disamping tingginya telah mencapai lebih dari 3000 mdpl, di area sekitarnya juga banyak terdapat beberapa obyek wisata. Diantaranya air terjun kakek bodo, kawasan villa tretes serta kebun teh lawang. Puncak arjuno bisa didaki melalui melalui berbagai arah : utara dari Tretes melalui gunung welirang, arah barat melalui daerah Cangar kota batu, arah timur dari Lawang kabupaten Malang serta bisa juga melalui jalur Purwosari Kabupaten Pasuruan yang relative lebih mudah didaki dan merupakan jalur ritual karena banyaknya peninggalan sejarah disepanjang jalur pendakian. Untuk mendaki menuju puncak dibutuhkan waktu 3 hari dua malam pergi pulang.

 

  • Gunung Argopuro

Gunung Argopuro merupakan bekas gunung berapi yang tidak lagi aktif dengan ketinggian 3088 mdpl, berada dalam kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Iyang dengan Puncak tertingginya yaitu puncak Argopuro. Selain puncak argopuro sebagai puncak tertinggi terdapat pula puncak Rengganis yang berada di sebelah utara puncak argopuro. Berada dalam wilayah Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso, gunung ini biasa didaki melalui dua pintu masuk yaitu Bremi – Probolinggo dan Baderan – Situbondo. Sebagai bekas gunung berapi aktif kawasan sekitar pegunungan iyang banyak memiliki Danau – danau yang cukup indah diantaranya adalah Danau Taman Hidup yang berada di jalur pendakian melalui Bremi – Probolinggo. Danau segaran, Ranu Agung, Ranu Klakah dan Ranu Bedali yang berdekatan dengan gunung Lemongan.

Pendakian menuju puncak Argopuro membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan medaka puncak semeru, dibuthkan waktu 4-5 hari pergi pulang menuju puncak ini. Disamping keindahan panorama cikasur dan alun-alun lonjteng kawasan pegunungan iyang banyak menyimpan kisah sejarah yang belum cukup diungkap. Diantaranya berada di savanna cikasur dengan landasan pesawatnya serta puncak rengganis dengan reruntuhan keratonnya.

 

 

  • Gunung Raung

Secara geografis gunung ini berada di dalam kompleks kawasan Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut. Kaldera Gunung Raung merupakan kaldera kering yang terbesar di pulau jawa dan yang terbesar kedua di Indonesia setelah Tambora di Nusa Tenggara Barat. Terdapat empat titik puncak yaitu puncak Bendera, puncak tusuk gigi, puncak 17 dan yang tertinggi puncak sejati 3344 mdpl. Terdapat dua jalur pendakian untuk menuju gunung Raung yaitu melalui sumber wringin Kabupaten Bondowoso dan Kali Baru Kabupaten Banyuwangi untuk mendaki menuju puncak sejati gunung Raung,Kebanyakan pendakian gunung Raung melalui Kalibaru karena bisa mencapai menuju puncak tertingginya yaitu puncak sejati. Untuk mencapai puncak sejati dibutuhkan perlengkapan pendakian yang cukup memadai mengingat jalur yang dilewati cukup sempit dan terjal. Sehingga puncak sejati raung jarang dikunjungi oleh pendaki pemula. Dibuthkan waktu 4 hari dan 3 malam pergi pulang untuk mencapai puncak gunung ini.

 

  • Gunung Bromo

Salah satu master piece wisata Indonesia yang berada di dua wilayah yaitu Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan. Untuk mencapai lokasi bisa melalui 3 pintu masuk yaitu melalui Tumpang Kabupaten Malang, Cemoro Lawang Kabupaten Probolinggo dan Tosari kabupaten Pasuruan. Foto kawah gunung bromo dan lautan pasirnya dengan background puncak semeru hampir menajdi foto wajib paket wisata bromo. Paket wisata Bromo biasa menawarkan empat destinasi utama yaitu Sunrise penanjakan, lautan pasir (pasir berbisik), savanna teletubbis serta kawah bromo itu sendiri. Searah dengan bromo melalui Tongas Kabupaten probolinggo juga terdapat air terjun madakaripura yang dipercaya sebagai salah satu tempat bertapa Mahapatih Gajah Mada.

 

  • Kawah Ijen

Kawah ijen merupakan danau kawah terletak di puncak gunung ijen dengan tinggi 2443 mdpl dengan luas kawah mencapai 5466 hektar. Taman Wisata Kawah ijen sendiri berada dalam wilayah Cagar Alam gunung ijen yang membentang di dua kabupaten yaitu Bondowoso dan Banyuwangi. Fenomena api biru “blue fire” menjadikan kawah ijen sebagai salah satu tujuan wisatawan domestic maupun mancanegara, karena fenomena ini Cuma terdapat di dua tempat di dunia yaitu di islandia dan kawah ijen.

Untuk mendaki menuju puncak dibutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam dari pos Paltuding dengan jalur yang cukup menanjak di awal sampai Pos Bunder. Selain pesona blue fire puncak kawah ijen menawarkan lanskap kawah dengan air berwarna biru kehijauan serta lanskap kawasan pegunungan ijen yang merupakan kawasan strato volcano hingga mencapai gunung Raung di sebelah barat. Di sekitar kawah ijen juga banyak terdapat tempat wisata yang cukup menarik dikunjungi terutama jika melalui wilayah Kabupaten Bondowoso. Terdapat air terjun kalipahit yang berada satu jalur dengan jalan menuju paltuding, air terjun Blawan serta kawasan Kawah Wurung yang menawarkan panorama perbukitan indah dengan latar belakang gunung raung di sebelah barat dan Gunung Ijen serta Merapi di sebelah timur